Monday, April 16, 2007

april 16th 2007

hari ini bosen berat... pusing baca-baca tulisan di milis anak berbakat. milis itu kurang mutu banget deh. isinya kebanyakan hanya orang tua yang mencari legitimasi baru atas pelabelan anak-anaknya. ada yang anknya telat bicara tapi pingin dilabelin gifted. ada yang anaknya autis tapi pingin punya label gifted. duh pusing.

kupikir yang terbaik adalah face it and cope it, lying and denying wouldn' make things better. yang ada, bisa jadi salah treatment and malah jadi menyesal seumur hidup. astagfirullah... semoga tidak terjadi yang seperti itu.. sungguh mengerikan jika orang tua salah mengasuh anak... (yang dimaksud adalah mistreated).

ada seorang teman yang anaknya didagnosa ber IQ dibawah rata-rata... walau mereka (suami istri) sudah tahu mengenai keadaan anaknya (secara ada hasil analisa tertulis oleh psikolog), namun mereka tidak mau mengakui keadaan anaknya tersebut, akhirnya mereka tetap mentreat anak mereka seperti layaknya anak-anak yang ber IQ rata-rata. jadilah si anak kewalahan, kehilangan self esteem, dan akhirnya bergantung sepenuhnya pada si ortu. pun pola pendidikan yang diberikan si orang tua tidak konsisten. si anak diberikan beban yang sama dengan anak-anak berdaya tangkap normal,namun jika si anak tidak mampu menyelesaikan tugasnya, maka si orang tua akan membantu (biasanya tidak disertai dengan kesabaran untuk mengajarkan anak ketrampilan tertentu, melainkan karena si orang tua merasa kurang sabar menghadapi proses belajar si anak yang tentunya relatif lebih panjang daripada saudara-saudaranya yang memiliki IQ rata-rata).

pola asuh seperti ini sangat tidak baik, karena pada akhirnya si anak jadi terus tergantung pada orang tua. tidka bisa berpergian sendiri, tidak punya lingkungan pergaulan yang sesuai dengan usianya. tidak bisa bekerja dan tidak memiliki ketrampilan khusus. bisa di bayangkan jika suatu saat kedua orang tuanya tiada, pada siapa ia akan bergantung???

semoga hal ini tidak akan terjadi pada kita.

No comments: